Frequently Asked Questions (FAQ)
Informasi Dasar
- Bagaimana cara saya mendaftar layanan BOCNET (Bank of China Internet Banking)?
- Layanan apa saja yang tersedia di BOCNET?
- Berapa tarif dan biaya transaksi?
- Bagaimana cara saya membatalkan layanan BOCNET?
Log In
- Bagaimana cara saya log In ke BOCNET pada saat pertama kalinya?
- Pada saat saya mencoba log in, mengapa muncul “dialog failure”?
- Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat log in ke BOCNET dengan kredensial yang benar?
- Bagaimana cara saya mengubah Username dan Password?
Metode Autentikasi (e-Token)
- Apa fungsi E-Token?
- Apa yang harus saya lakukan jika saya sudah memasukkan kode E-Token dengan benar, tetapi sistem berkali-kali menampilkan pesan bahwa kode salah?
- Apa yang harus saya lakukan jika E-Token saya hilang, salah taruh atau dicuri?
Layanan Online
Transfer Dana
- Jenis transfer dana apa saja yang dapat diproses melalui BOCNET?
- Kapan saya bisa melakukan Transfer dana?
- Berapa limit transfer untuk Transfer Dana?
- Dimana saya dapat melihat nilai tukar Mata Uang Asing?
Teknikal
- Sistem dan browser apa yang diperlukan untuk mengakses BOCNET?
- Bagaimana cara mengaktifkan TLS 1.1 dan TLS 1.2 pada berbagai macam browser?
Umum
- Apa yang harus saya lakukan jika komputer saya error atau koneksi internet terputus pada saat saya melakukan transaksi?
- Apa yang harus saya lakukan jika informasi rekening yang ditampilkan salah?
Informasi Dasar
- Bagaimana cara saya mendaftar layanan BOCNET (Bank of China Internet Banking)?
Untuk mengajukan Layanan Corporate BOCNET, Anda harus memiliki setidaknya satu rekening di Bank kami. Silakan kunjungi cabang terdekat pada jam kerja atau hubungi Marketing kami, b kartu identitas Anda yang masih berlaku dan lengkapi Formulir Aplikasi Corporate BOCNET.
Ketika aplikasi Anda disetujui, Anda akan bisa mendapatkan nama pengguna, kata sandi, dan e-Token
- Layanan apa saja yang tersedia di BOCNET?
Kami menyediakan berbagai layanan Internet Banking Perorangan demi kenyamanan Anda:
Menu Fungsi Accounts Management Current Balance Inquiry Same-Day Transaction Inquiry Historical Balance Inquiry Historical Transaction Inquiry Term Deposit Details Inquiry Account Statement Service Download Transaction GPI Remittance Inquiry Transfer & Remittance Single Payment Batch Payment Amend Authorization Cancel Inquiry Online Banking Maintenance Welcome Message Account Alias Change Password Payee Management Supporting Services Tool Download Exchange Rate Inquiry
- Berapa tarif dan biaya transaksi?
Deskripsi Biaya Biaya e-Token* (Permohonan Baru) Gratis Biaya Penggantian E-Token** IDR 50,000 Transfer IDR Antar Bank SKN IDR 3,000 RTGS IDR 20,000 Outward Telegraphic Transfer*** Full Amount USD 20 Cable Fee USD 7 Komisi**** 0.1% (min.biaya USD 5, maks.biaya USD 100) CNY Remittance (Transfer ke China Mainland) Full Amount USD 10 Cable Fee USD 7 Komisi*** 0.1% (min. fee USD 5, max. fee USD 100) Notes:
* Bebas biaya 3 e-Token pertama untuk BOCNET Perusahaan,lalu untu E-Token keempat dan selanjutnya akan dikenakan biaya, Silakan mengacu pada biaya penggantian. Jika E-token kedaluwarsa tidak dikenakan biaya penggantian.
** Biaya penggantian E-Token dikenakan untuk kerusakan, kehilangan atau dicuri.
*** Dalam mata uang USD, HKD, SGD, AUD, EUR, GBP, JPY.
**** Bebas biaya komisi untuk transaksi mata uang asing.
- Bagaimana cara saya membatalakan layanan BOCNET?
Anda perlu mengunjungi kantor cabang terdekat kami dan mengisi Formulir Aplikasi Electronic Banking Perusahaan Untuk memproses pembatalan layanan.
Log In
- Bagaimana cara saya log in ke BOCNET pada saat pertama kalinya?
Setelah Anda berhasil mendaftarkan Layanan BOCNET di konter, silakan klik “Corporate Online Banking Log In” di Website BOC (www.bankofchina.co.id) untuk log in. Untuk log in pertama kali, Untuk log in pertama kali, silakan masukkan Username dan Password awal yang tertera pada Password Envelope serta E-Token yang Anda terima dari Bank. Setelah berhasil log in, sistem akan meminta Anda untuk membuat Username dan Password baru, kemudian Anda dapat mulai menggunakan berbagai fungsi BOCNET.
Catatan: Pastikan (i) untuk menjaga Username, Password dan e-Token Anda secara aman dan jangan pernah memberi tahu kepada orang lain, dan (ii) untuk mengambil tindakan dan praktik pencegahan keamanan yang diperlukan.
- Pada saat saya mencoba log in, mengapa muncul “dialog failure”?
Setelah log in, jika Anda meninggalkannya untuk waktu yang lama, sistem akan menampilkan "dialog failure" dan secara otomatis log out BOCNET Anda. Jika Anda masih ingin menggunakan sistem, silakan log in kembali. Sistem dirancang seperti ini untuk mencegah akun Anda dioperasikan secara tidak benar, ketika Anda meninggalkan computer Anda tanpa pengawasan dan lupa untuk log out.
- Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat log in ke BOCNET dengan kredensial yang benar?
Demi alasan keamanan, jika Anda telah mencoba log in dengan Username/Password/Kode E-Token yang benar namun tidak berhasil sebanyak 5 kali dalam sehari, maka Password dan E-Token Anda akan terkunci sementara danakan dipulihkan pada hari berikutnya.
Jika Anda telah mencoba log in dengan password yang salah sebanyak 15 kali berturut-turut, atau kode E-Token yang salah sebanyak 10 kali berturut-turut, BOCNET Anda akan terkunci secara permanen dan Anda harus ke konter untuk memproses unlock.
Jika Anda telah memasukkan informasi log in yang benar tetapi Anda masih tidak dapat berhasil masuk, silakan coba menghapus history/cache pada browser Anda.
Browser Langkah Internet Explorer 1. Pada Internet Explorer, klik Tools > Safety > Delete Browsing History.
2. Centang All Types of Data, lalu klik Delete.
3. Mulai ulang browser AndaGoogle Chrome 1. Pada Chrome, klik More Tools > Clear Browsing Data.
2. Pada kolom Time range pilih All Time, centang All Types of Data, kemudian pilih Clear Data.
3. Mulai ulang browser AndaMozilla Firefox 1. Pada Firefox, klik Library > History > Clear Recent History.
2. Pada kolom Time Range to Clear pilih Everything.
3. Klik Details, pilih All Types of Data, kemudian pilih Clear Now.
4. Mulai ulang browser Anda.Apple Safari 1. Pada Safari, klik tab Safari dan klik Clear History.
2. Pilih All Time Range, kemudian klik Clear History.
3. Mulai ulang browser Anda.
Jika Anda masih tidak dapat masuk setelah mencoba semua langkah-langkah di atas, silakan ke konter kami untuk bantuan lebih lanjut.
- Bagaimana cara saya mengubah Username dan Password?
Anda dapat mengubah Username melalui BOCNET pada saat pertama kali log in. Anda hanya dapat mengubah Username Anda satu kali. Jika Anda perlu mengubah Username Anda, Anda harus membatalkan layanan BOCNET Anda terlebih dahulu dan membukanya kembali.
Jika Anda ingin mengubah password, silakan log in ke BOCNET, masuk ke menu Pengaturan Layanan dan pilih Ubah Password. Password berisi angka, karakter English dan tanda baca dengan total sebanyak 8-20 digit, dan harus membedakan huruf besar/kecil. Password yang baru akan efektif pada saat log in berikutnya. Kami menyarankan Anda untuk mengubah password internet banking Anda secara berkala dan menghindari penggunaan kombinasi password yang mudah ditebak untuk meningkatkan keamanan BOCNET Anda.
Metode Otentikasi (E-Token)
- Apa fungsi E-Token?
E-Token adalah perangkat otentikasi keamanan yang disediakan untuk Anda untuk mengakses BOCNET.
Perangkat ini akan menghasilkan kode 6 digit yang unik dan dinamis, yang juga dikenal sebagai One Time Password (OTP), yang ditampilkan di layar kecil E-Token. OTP memiliki batasan waktu yang akan diperbarui setiap 60 detik, dan hanya dapat digunakan satu kali. Oleh karena itu, harap masukkan OTP dalam rentang waktunya untuk otentikasi saat Anda log in ke dalam layanan. Jika tidak, Anda perlu mengaktifkannya kembali untuk mendapatkan OTP baru. E-Token umumnya kedaluwarsa dalam 3-4 tahun (tanggal kedaluwarsa tertulis di depan E-Token) dan penggantian dapat dilakukan melalui konter Bank
- Apa yang harus saya lakukan jika saya sudah memasukkan kode E-Token dengan benar, tetapi sistem berkali-kali menampilkan pesan bahwa kode salah?
Kasus seperti ini kemungkinan kecil terjadi. Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar disebabkan oleh penyimpangan perhitungan waktu kode dinamis pada E-Token Anda, bukan karena kerusakan E-Token. Dalam hal ini, Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi ulang E-Token Anda di konter Bank, untuk memastikan kejadian serupa tidak akan terjadi lagi dalam jangka waktu yang lama..
- Apa yang harus saya lakukan jika E-Token saya hilang, salah taruh atau dicuri?
E-Token pertama Anda akan diberikan secara gratis. Jika terjadi kehilangan, pencurian, atau kerusakan akibat kelalaian pada e-Token, silakan datang ke konter untuk memproses penggantian E-Token. Biaya penggantian akan dikenakan.
Transfer Dana
- Jenis transfer dana apa saja yang dapat diproses melalui BOCNET?
Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai jenis transfer dana, termasuk:
- Transfer ke Rekening Sendiri: Transfer dana ke rekening sendiri dalam mata uang yang sama atau berbeda.
- Transfer Sesama BOC: Transfer dana ke rekening BOC pihak ketiga (dalam Indonesia) dalam mata uang yang sama atau berbeda.
- Transfer IDR Antar Bank: Transfer dana dalam mata uang lokal (Rupiah) ke Bank lain di seluruh Indonesia melalui metode SKN/RTGS.
- International Remittance (SWIFT):
- Normal Remittance: : Transfer dana dalam mata uang asing (dalam USD, HKD, SGD, JPY, AUD, EUR, GBP) ke Bank lain di Indonesia atau di luar Indonesia
- CNY Remittance: Transfer dalam CNY ke China
- Transfer ke Rekening Sendiri: Transfer dana ke rekening sendiri dalam mata uang yang sama atau berbeda.
- Kapan saya bisa melakukan transfer dana
Waktu pengoperasian Internet Banking Perorangan adalah 7*24 jam. Setiap jenis transfer dana memiliki batas waktu operasionalnya masing-masing:
Type of Transfer Cut-off Time Transfer ke rekening sesama BOCHK Jakarta (Mata Uang Sama) 05:00 – 22:00 Transfer ke rekening sesama BOCHK Jakarta (Mata Uang Berbeda) 08:30 – 15:30 Transfer Rupiah ke Bank Lain (via SKN/RTGS) 08:30 – 15:30 SWIFT Remittance (in USD, HKD, SGD, JPY, AUD, EUR, GBP) 08:30 – 15:30 CNY Remittance 08:30 – 15:30 Catatan:
- Semua transaksi di atas jika dikirim setelah batas waktu/di luar hari kerja/hari libur akan diproses pada hari kerja berikutnya.
- Setiap jenis transfer yang disebutkan di atas, jika melibatkan pertukaran Rupiah terhadap mata uang asing, tidak dapat dilakukan melalui layanan internet banking (harus diproses di konter).
- Setiap transaksi valuta asing, jika dikirim setelah Batas Waktu / di luar hari kerja/ pada hari libur nasional, nilai tukar akan mengikuti kurs pada hari kerja berikutnya.
- Berapa limit untuk transfer dana?
Limit transaksi adalah sebagai berikut:
Jenis Transaksi Limit per Transaksi
(IDR)Limit Per
Hari
(IDR)Transfer Antar Rekening Sendiri (Mata Uang Sama/Berbeda) 65,000,000,000 65,000,000,000 Transfer ke Pihak Lain Rekening BOC (Mata Uang Sama/Berbeda) 65,000,000,000 65,000,000,000 Transfer Rupiah ke Bank Lain(via SKN / RTGS) 65,000,000,000 65,000,000,000 SWIFT Remittance (USD, HKD, SGD, JPY, AUD, EUR, GBP) or CNY Remittance 65,000,000,000 65,000,000,000 Catatan:
1. Batas di atas adalah batas maksimum untuk Corporate BOCNET. Pelanggan dapat menyesuaikan limit sesuai dengan tujuan bisnis.
2. Mengacu pada peraturan Bank Indonesia:
- Metode SKN: Maksimum nominal per tansaksi IDR 1,000,000,000.00
- Metode RTGS: Minimum nominal per transaksi IDR 100,000,000.00
- Di mana saya dapat melihat nilai tukar mata uang asing?
Anda dapat mengklik fungsi "Informasi Nilai Tukar" pada menu "Layanan Pendukung" untuk mendapatkan nilai tukar real time, tetapi mungkin berbeda dari nilai tukar sebenarnya yang Anda dapatkan karena nilai tukar dapat berubah selama transaksi berlangsung. Setelah Anda menyelesaikan instruksi transfer dan mengklik "Konfirmasi", Anda akan menerima konfirmasi yang menunjukkan nilai tukar sebenarnya yang diterapkan untuk transaksi terkait.
Teknikal
- Sistem dan browser apa yang diperlukan untuk mengakses BOCNET?
Di bawah ini adalah sistem operasi yang direkomendasikan:
- Microsoft Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau lebih tinggi;
- Mac OS X 10.2 atau lebih tinggi.
- Microsoft Internet Explorer versi 11 atau lebih tinggi;
- Google Chrome versi 37 atau lebih tinggi;
- Apple Safari versi 7 atau lebih tinggi;
- Mozilla Firefox versi 31 atau lebih tinggi.
BOCNET direkomendasikan dilihat pada perangkat dengan resolusi 1024 x 768 piksel atau lebih tinggi. Mohon perbarui browser Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Sistem operasi atau browser lain yang tidak disebutkan di atas mungkin tidak kompatibel.
- Microsoft Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau lebih tinggi;
- Bagaimana cara mengaktifkan TLS 1.1 dan TLS 1.2 pada berbagai macam browser?
Agar Anda dapat melakukan transaksi perbankan melalui BOCNET dalam lingkungan yang aman, Anda perlu mengaktifkan Transport Layer Security (TLS) 1.1 dan 1.2.
Browser Langkah Internet Explorer 1. Buka Internet Explorer
2. Klik Tools > Internet Options > Advanced Tab
3. Tarik ke bagian kategori Security, centang kotak pilihan Use TLS 1.1 dan Use TLS 1.2 secara manual.
4. Klik Ok
5. Tutup browser Anda dan mulai ulang.Google Chrome 1. Buka Google Chrome
2. Tekan Alt + F dan pilih Settings
3. Tarik ke bawah dan pilih Show Advanced Settings
4. Tarik ke bagian Network dan klik Change Proxy Settings
5. Pilih tab Advance
6. Tarik ke kategori Security, dan centang kotak pilihan Use TLS 1.1 dan Use TLS 1.2 secara manual.
7. Klik Ok
8. Tutup browser Anda dan mulai ulang.Mozilla Firefox 1. Buka Mozilla Firefox
2. Pada kolom alamat, ketik about:config dan tekan Enter
3. Pada kolom pencarian, masukan tls., cari dan klik ganda pada security.tls.version.min
4. Atur nilai integer menjadi 3 untuk protocol TLS1.3
5. Klik Ok
Umum
- Apa yang harus saya lakukan jika komputer saya error atau koneksi internet terputus pada saat saya melakukan transaksi?
Jika terjadi kasus seperti ini, Anda harus melakukan ulang akses ke internet dan login ke Corporate Internet Banking seperti biasa . Periksa saldo atau catatan transaksi rekening Anda. Di menu Account Management ,pada menu Saldo Terkini dan Same-Day Transaction, dan lihat apakah transaksi yang sebelumnya sudah berhasil atau belum.
Jika transaksi telah berhasil diselesaikan, Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun. Jika transaksi belum selesai, Anda dapat melakukan transaksi kembali sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh bantuan, silakan hubungi kami.
- Apa yang harus saya lakukan jika informasi rekening yang ditampilkan salah?
Harap segera hubungi kami untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut.