Transfer Dana (Transfer/Remittance)
Nama Layanan
Transfer Dana (Transfer/Remittance)
Deskripsi Layanan
Nasabah dapat mengirimkan instruksi pengiriman dana secara tunggal ataupun massal. Setelah melewati tahap otorisasi internal nasabah, instruksi pengiriman dana tersebut akan dikirimkan ke sistem operasional bank untuk diproses ke bank penerima.
Menu Transfer/Remittance terdiri dari 6 sub-menu: Single Payment, Batch Payment, Amend, Authorization, Cancel dan Inquiry.
Fungsi Layanan
- Instruksi Transfer Tunggal (Single Payment): Ada 4 jenis transfer yang dapat dipilih berdasarkan menu ini yaitu Transfer Between Associated Account (Transfer antar rekening sendiri di BOC Indonesia), Transfer Within Bank (Transfer ke pihak lain rekening BOC Indonesia), Domestic Transfer (Transfer Rupiah ke bank lain di Indonesia) dan International Remittance (Transfer ke luar negeri atau transfer ke bank lain di Indonesia dalam mata uang asing).
- Instruksi Transfer Massal (Batch Payment): Batch Payment adalah pembayaran hingga 1000 transaksi yang dimuat dalam file batch berupa format txt.
- Modifikasi (Amend): Dengan menu ini, pengirim dapat mengubah setiap transaksi yang telah dikembalikan oleh Authorizer.
- Otorisasi (Authorization): Menu ini berfungsi untuk mengotorisasi transaksi yang telah diajukan oleh submitter, mengirim kembali transaksi untuk dimodifikasi ulang oleh submitter dan untuk membatalkan transaksi. Bagi Pengguna yang merupakan authorizer terakhir, Pengguna akan diminta untuk mengotorisasi transaksi dengan memasukkan kode keamanan yang dihasilkan dari e-Token Pengguna.
- Batal (Cancel): Menu ini digunakan untuk membatalkan pembayaran yang belum diproses oleh Bank, contoh Scheduled Payment.
- Pengecekan (Inquiry): Menu ini digunakan untuk melihat semua transaksi nasabah yang dilakukan dari pembayaran Single atau Batch Payment dalam fungsi Transfer Dana, melacak status transaksi, memantau situasi akuntansi, dan mencetak tanda terima transaksi.
Target Pengguna
Diperuntukkan bagi nasabah BOCNET Perusahaan.
Syarat Proses
Setiap Nasabah BOCNET Perusahaan dapat mengakses fungsi ini.
Waktu Pelayanan
Tersedia untuk nasabah dengan layanan 7 x 24 jam.
Catatan: Setiap jenis transaksi memiliki batas waktu pemrosesan transaksi/Transaction Cut-Off Time yang berbeda. Untuk informasi yang lebih rinci, harap lihat tabel "Jam Operasional Transaksi – Internet Banking Perusahaan” yang tersedia di website kami.
Tips
- Bagi Pengguna yang baru pertama kali melakukan transfer melalui menu Single Payment, diharapkan untuk terlebih dahulu mendaftar informasi rekening penerima di menu Online Banking Maintenance⟶Payee Management⟶Add Payee. Disarankan agar nasabah memeriksa data rekening penerima secara teliti untuk mencegah adanya kesalahan yang dapat menyebabkan penerima tidak dapat menerima dana secara tepat waktu atau terjadinya kerugian finansial.
- Bagi Pengguna yang ingin melakukan transfer melalui menu Batch Payment, Anda dapat terlebih dahulu mengunduh aplikasi batch payment pada menu Supporting Services⟶Tool Download.
- Nasabah dapat menentukan model otorisasi transaksi internet banking sesuai kebutuhan pada saat pendaftaran awal layanan BOCNET.
- Terdapat beraneka ragam model otorisasi untuk layanan BOCNET Perusahaan seperti model otorisasi tunggal, ganda atau beberapa tingkatan guna memenuhi kebutuhan manajemen perusahaan nasabah terkait otorisasi transaksi pada layanan internet banking.